Abstract:
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru Pendidikan Agama Islam yang tidak berlatar belakang Pendidikan Khusus, sehingga guru mengalami kesulitan dalam proses pengajaran. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran sholat, pelaksanaan pembelajaran sholat, dan penilaian pembelajaran sholat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah seorang guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di kelas V SLB Negeri Marabahan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Sedangkan teknik keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di kelas V SLB Negeri Marabahan masih terkendala dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, sehingga para siswa tunarungu kelas V masih belum dapat memahami sepenuhnya materi yang disampaikan oleh guru. Adapun problematika yang dialami guru Pendidikan Agama Islam kelas V di SLB Negeri Marabahan tersebut ialah: 1) dalam menentukan media pembelajaran, menentukan metode pembelajaran dan kurangnya kemampuan berbahasa isyarat yang dimiliki oleh guru, 2) kondisi siswa yang tidak stabil, kekhawatiran guru jika media pembelajaran tidak sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dan metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. 3) dalam pembuatan lembar penilaian di perangkat komputer.
Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Tunarungu, Problematika.