Repo Mhs ULM

Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa SMP/MTs

Show simple item record

dc.contributor.author Siti Tarisa
dc.date.accessioned 2023-06-08T14:30:18Z
dc.date.available 2023-06-08T14:30:18Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38567
dc.description.abstract Kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih rendah berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA). Salah satu penyebabnya adalah jarangnya siswa Indonesia diberikan soal-soal berbentuk literasi matematika seperti yang diujikan PISA. Penggunaan konten profil pelajar Pancasila yang menjadi ciri khas pembentukan karakter pada kurikulum merdeka dinilai dapat menarik minat siswa untuk mengerjakan soal literasi matematika sehingga perlahan diharapkan akan meningkatkan kemampuan literasi matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal literasi matematika berbasis profil pelajar Pancasila yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Tessmer tipe formative research dengan 2 tahap yaitu preliminary dan formative evaluation. Subjek uji coba penelitian adalah 31 siswa kelas IX D SMP Negeri 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Produk yang dikembangkan dinilai oleh 3 validator ahli diperoleh skor validitas logis sebesar 3,76 yang masuk dalam kategori valid. Sedangkan validitas empiris butir soal didapatkan 13 soal valid dan 17 soal tidak valid. Uji reliabilitas soal diperoleh skor 0,77 yang masuk dalam kategori reliabel. Penelitian ini menghasilkan 13 soal literasi matematika berbasis profil pelajar Pancasila yang valid dan reliabel.
dc.title Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa SMP/MTs


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account