Repo Mhs ULM

META-ANALISIS: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Khairin Rezani Rosyadi
dc.date.accessioned 2023-06-08T14:37:15Z
dc.date.available 2023-06-08T14:37:15Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38627
dc.description.abstract Kajian mengenai pengaruh model PBL dan model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa telah banyak dilakukan dengan berbagai variasi hasil penelitian. Para peneliti sekarang lebih bergantung pada rangkuman penelitian yang tersedia, meta-analisis salah satunya. Penelitian meta-analisis ini bertujuan untuk mendeskripsikan besar pengaruh dari model PBL dan model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa. Artikel diperoleh melalui penelusuran menggunakan aplikasi Publish or Perish. Selanjutnya artikel tersebut diseleksi dengan 4 tahapan yaitu identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan lingkup studi. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic review dengan teknik meta-analisis menggunakan hasil perhitungan Effect Size. Ada 62 artikel yang telah dianalisis. Dua puluh satu artikel model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, 33 artikel PBL terhadap hasil belajar, 2 artikel PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan 6 artikel PjBL terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan Effect Size model PBL dan model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah maupun hasil belajar matematika siswa berada pada kategori besar.
dc.title META-ANALISIS: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account