Repo Mhs ULM

PENGARUH METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT RACIKAN SERBUK SUSU JAHE PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 1 AMUNTAI

Show simple item record

dc.contributor.author Nurul Azizah
dc.date.accessioned 2023-06-08T14:38:33Z
dc.date.available 2023-06-08T14:38:33Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38639
dc.description.abstract Azizah, Nurul. 1810127320001. 2022. Pengaruh Metode Drill dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Racikan Serbuk Susu Jahe pada Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri 1 Amuntai. Dosen Pembimbing I: Eviani Damastuti, M. Pd Dosen Pembimbing II: Septi Aryanti, M. Pd Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan anak tunagrahita ringan yang kurang memahami keterampilan vokasional dalam meracik bahan-bahan untuk membuat racikan serbuk susu jahe, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat racikan serbuk susu jahe pada anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Amuntai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian subjek tunggal atau yang lebih dikenal dengan Single Subject Research (SSR), desain penelitian ini menggunakan pola desain A-B-A, yang mana A1 merupakan tahap pertama dalam mengamati perilaku subjek, B merupakan tahap intervensi atau diberikan treatment, dan A2 merupakan tahap pengulangan dari A1. Subjek dalam penelitian ini yaitu salah satu anak tunagrahita ringan, kelas X bersekolah di SLB Negeri 1 Amuntai. Pada sistem pencatatan data dilakukan untuk mengumpulkan data melalui observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian dalam meningkatkan keterampilan vokasional pada anak tunagrahita ringan pada tahap baseline 1 (A1) diperoleh mean level sebanyak 40%, selanjutnya pada tahap intervensi (B) diperoleh sebanyak 63%, dan terakhir pada tahap baseline 2 (A2) diperoleh mean level sebanyak 90%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill memberikan pengaruh terhadap peningkatan keterampilan vokasional membuat racikan serbuk susu jahe pada anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Amuntai. Kata Kunci: Anak Tunagrahita Ringan, Keterampilan Vokasional, Metode Drill
dc.title PENGARUH METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT RACIKAN SERBUK SUSU JAHE PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 1 AMUNTAI


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account