Abstract:
Halisa Normawarni. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran PJOK secara Daring dan Luring SMP Islam Al Azhar 47 Banjarbaru pada saat Covid-19, Magister Pendidikan Jasmani, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Dr. Rahmadi, S.Pd., M.Pd, Dr. Tri Irianto, M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek psikomotor secara daring berbeda dengan luring 2. Mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek kognitif secara daring berbeda dengan luring 3. Mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek afektif secara daring berbeda dengan luring 4. Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek psikomotor daring dengan aspek kognitif luring 5. Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek psikomotor daring dengan aspek afektif luring 6. Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek kognitif daring dengan aspek psikomotor luring 7. Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek kognitif daring dengan aspek afektif luring 8. Mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek afektif daring dengan aspek psikomotor luring 9. Mengetahui perbedaan pembelajaran PJOK aspek afektif daring dengan aspek kognitif luring 10. Mengetahui perbedaan pembelajaran daring pada aspek psikomotor, kognitif dan afektif terhadap pembelajaran luring pada aspek psikomotor, kognitif dan afektif secara bersama-sama.
Sampel atau subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Al Azhar 47 Banjarbaru berjumlah 61 peserta didik dari populasi ditentukan sampel yang akan dipakai adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 20 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan “sampling purposive”. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dokumentasi.
Hasil penelitian : aspek psikomotor daring dan luring 0.000 < 0> 0.05, aspek kognitif daring dan luring 0.000 < 0> 0.05, aspek afektif daring dan luring 0.004 < 0> 0.05, aspek psikomotor daring dan aspek kognitif luring 0.000 < 0> 0.05, aspek psikomotor daring dan aspek afektif luring 0.062 > 0.05 tidak adanya perbedaan pada persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, aspek kognitif daring dan aspek psikomotor luring 0.000 < 0> 0.05, aspek kognitif daring dan afektif luring 0.002 < 0> 0.05, aspek afektif daring dan psikomotor luring 0.000 < 0> 0.05, aspek afektif daring dan aspek kognitif luring 0.000 < 0> 0.05, uji normalitas daring aspek psikomotor 0.383 > 0.05, aspek kognitif 0.137 > 0.05 dan aspek afektif 0.387 > 0.05 hasil menunjukan normalitas karena skor signifikan lebih dari > 0.05. Uji normalitas luring aspek psikomotor 0.134 > 0.05, aspek afektif 0.05 < 0> 0.05 hasil menunjukan aspek psikomotor dan afektif normalitas skor signifikan lebih dari > 0.05. Sedangkan aspek kognitif tidak normalitas karena skor dibawah < 0> 0.05 bahwa tidak adanya perbedaan.