Abstract:
Pelaksanaan kurikulum 2013 menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan media dengan penerapan model pembelajaran problem based learning menjadi salah satu solusi karena melibatkan siswa pada proses pembelajaran yang aktif, serta mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan suatu permasalahan. Namun, penggunaan media pembelajaran masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Oleh kerena itu, tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi gerak benda dengan model problem based learning, mengetahui tingkat kelayakan sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk diuji cobakan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini, yaitu Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar angket/kuisioner dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran materi gerak benda dengan model problem based learning dinyatakan valid dengan kategori sangat tinggi berdasarkan hasil penilaian validitas materi dan validitas media, media pembelajaran interaktif dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian respon siswa, respon guru dan keterlaksanaan RPP, media pembelajaran interaktif dikatakan efektif dengan kategori sangat tinggi berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Dari hasil penelitian dan pengembangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi gerak benda dengan model problem based learning dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.