Abstract:
Manajemen pembelajaran Al-Qur'an pada anak usia dini dapat menciptakan pembelajaran Al-Qur'an yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen pembelajaran Al-Qur’an. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif multi situs di PAUD Qur’an Cahaya Ar-Raudah dan PAUD Terpadu Shabwa Amanah. Pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data: (1) Data individu (2) Data lintas situs. Hasil penelitian: 1) Perencanaan disusun oleh kepala PAUD bersama guru dengan rapat tahun ajaran baru dengan menyusun program pembelajaran Al-Qur'an dilanjutkan dengan penetapan tujuan, target, metode, materi, media, penilaian dan waktu pembelajaran Al-Qur'an 60 menit 2) Pelaksanaan menggunakan metode tilawati, terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti: pembelajaran klasikal dan pembelajaran individual, terakhir kegiatan penutup. 3) Evaluasi menilai tes hafalan Al-Qur'an dan tes hafalan surah pendek. Penilaian harian menggunakan buku prestasi, stempel bintang dan lembar checklist dan penilaian semester menggunakan rapor penilaian munaqosyah dan laporan perkembangan anak.
Kata kunci:
Manajemen pembelajaran, Belajar Al-Qur'an, Anak Usia Dini.