Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kombinasi gerak dasar, berdasarkan data observasi peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 2 Ambawang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar materi kombinasi gerak dasar permaianan bola besar sederhana dengan pendekatan bermain. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 24 peserta didik pada tahun pelaajaran 2022/2023. Objek penelitian adalah keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kombinasi gerak dasar dengan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman lembar pengamatan kombinasi gerak dasar dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar materi kombinasi gerak dasar permaianan bola besar sederhana dan keterampilan kolaborasi. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan nilai rata-rata kondisi awal hasil belajar keterampilan gerak dasar peserta didik yaitu 33.33% siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata 50%, serta siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 91,67 %. dan keterampilan kolaborasi peserta didik siklus I mengalami peningkatan rata-rata 25.%, serta siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 83,33%