Abstract:
Kinerja sub bagian perencanaan dan keuangan dalam menunjang tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Kabupaten Tabalong adalah merupakan faktor penting dalam pemberdayaan DPRD dimana ia berperan dalam membantu serta memfasilitasi anggota DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD, penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD dan sebagai perangkat daerah Sekretariat DPRD bertanggung jawab untuk menyusun laporan akuntabilitas instansi pemerintah dalam rangka ikut serta mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance) dan merupakan ujung tombak terselenggaranya kegiatan-kegiatan DPRD di pemerintahan daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sub bagian perencanaan keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Tabalong dalam menunjang tugas dan fungsi DPRD Kabupaten Tabalong dapat dilihat dari segi kinerja aspek perencanaan dan kinerja aspek keuangan dengan melakukan penelitian secara kualitatif deskriptif yang berlokasi pada Kantor DPRD Kabupaten Tabalong dengan teknik penelitian pengumpulan data, observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja sub bagian perencanaan keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Tabalong sudah baik hanya saja dalam prosesnya ada faktor penghambat, baik internal maupun eksternal. ada juga faktor pendorongnya seperti dukungan atau komitmen yang tinggi dari Sekretaris dan Pimpinan DPRD
Diharapkan pada penelitian ini agar kinerja sub bagian perencanaan keuangan dapat lebih baik lagi dalam menunjang tugas dan fungsi dewan dalam rangka ikut serta mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik
Kata Kunci: Kinerja, Sub Perencanaan dan Keuangan Sekretariat DPRD