dc.description.abstract |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemasaran ikan layang di Pelabuhan Perikanan Batulicin Provinsi Kalimantan Selatan. Tempat penelitian ditentukan secara sengaja menggunakan metode purposive sampling, sedangkan data yang digunakan adalah (a) data primer yang terdiri dari (1) biodata responden, (2) Harga di tingkat nelayan serta (3) harga ditingkat pedagang dan (b) data sekunder yang didapatkan dari berbagai sumber serta instansi terkait gambaran penelitian. Total responden dalam penelitian ini sebanyak 65 orang yang terdiri dari 26 orang nelayan kapal pengangkut, use the accidental sampling method and then 39 pedagang menggunakan metode snowball sampling . Analisis data terdiri dari analisis saluran pemasaran , analisis margin pemasaran , analisis farmer’s share and efisiensi pemasaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa (a) terdapat 7 tipe pola saluran pemasaran. pada saluran pemasaran tipe I, III, IV,IV, IV terpendek (terdapat 4 lembaga pemasaran) , saluran pemasaran tipe II,VII terpanjang (terdapat 5 lembaga pemasaran). Diperoleh pada semua saluran pemasaran III, IV,V, VI , (b) Nilai margin tertinggi pada pola saluran V sebesar 67,12 %, (c) nilai farmer’s share tertinggi sebesar 39,87 % pada saluran III dan (d) pada saluran tipe III, IV,V dan VI , % margin pemasaran > ?rmer’s share sehingga dapat disimpulkan pemasaran tidak efisien.
Keywords : fish farmer, tilapia fish, marketing channel, marketing agencies |
|