Abstract:
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan anak lamban belajar yang mengalami kesulitan konsentrasi belajar. Kesulitan belajar anak lamban belajar terlihat pada saat mengerjakan tugas, anak sering teralihkan perhatiannya, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan tugas. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konsentrasi belajar anak lamban belajar meningkat dengan bantuan teknologi token economi. Jenis penelitian ini adalah SSR (Single Subject Research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Rencananya adalah A-B-A, dimana A1 adalah fase baseline 1, B adalah fase intervensi, dan A2 adalah fase baseline 2. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Madani Kelas II Banjabaru. Teknik perekaman data penelitian ini menggunakan observasi langsung, durasi perekaman dalam hitungan menit. Teknik analisis data yang menggunakan visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak untuk fokus belajar berubah menjadi lebih baik, dibuktikan dengan data yang diperoleh pada baseline 1, ketika rata-rata waktu yang dihabiskan anak pada tugas adalah 17 menit, tingkat rata-rata pada fase intervensi adalah 11 menit dan pada fase dasar, fase 2 tingkat rata-rata adalah 6 menit. Maka dengan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak lamban belajar berkonsentrasi belajar mengalami peningkatan di SD Islam AI Madani Banjabaru dengan menggunakan teknologi token ekonomi.
Kata kunci : Anak Slow learner, Konsentrasi Belajar, Teknik Token Ekonomi