Repo Mhs ULM

PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, BIAYA LINGKUNGAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN EMISI GAS RUMAH KACA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI DI INDONESIA)

Show simple item record

dc.contributor.author Patricia Devina
dc.date.accessioned 2023-06-08T14:57:08Z
dc.date.available 2023-06-08T14:57:08Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38801
dc.description.abstract Devina, Patricia (2022). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Emisi Gas Rumah Kaca sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Energi di Indonesia). Pembimbing 1: Muhammad Hudaya, Pembimbing 2: Wahyudin Nor Latar Belakang: Citra perusahaan berperan dalam memberikan perspektif terhadap nilai-nilai perusahaan. Maraknya isu pemanasan global telah menyebabkan para pemangku kepentingan yang sadar lingkungan menjadi lebih sadar akan aktivitas perusahaan yang terkait dengan dampak lingkungan, sehingga menjadikan kinerja lingkungan perusahaan sebagai aspek penting dalam meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan tidak hanya ditentukan faktor lingkungan, namun juga analisis fundamental perusahaan, seperti profitabilitas. Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh environmental performance, environmental costs, dan profitabilitas terhadap firm value dengan greenhouse gas emissions disclosure sebagai variabel mediasi. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ekspalanatori. Populasi penelitian ini adalah perusahaan Sektor Energi yang terdaftar BEI periode 2016-2020 sebanyak 74 perusahaan. sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 20 perusahaan. variael yang digunakan dalam penelitian ini adalah environmental performance, environmental costs, profitabilitas yang diukur dengan ROA, greenhouse gas emissions disclosure, dan firm value yang diukur dengan PBV. teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil Penelitian: Penelitian menunjukkan bahwa environmental costs dan profitabilitas (ROA) berpengaruh terhadap Greenhouse Gas Emissions Disclosure, sementara Environmental Performance berpengaruh terhadap firm value (PBV), sementara environmental costs, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap firm value. Greenhouse gas emissions disclosure berpengaruh signifikan terhadap firm value. Greenhouse gas emissions disclosure mampu memediasi pengaruh environmental cost terhadap firm value secara penuh, sedangkan Greenhouse gas emissions disclosure tidak mampu memediasi pengaruh environmental performance terhadap firm value. Kata Kunci: Environmental Performance, Environmental Costs, Profitabilitas, Firm Value, Greenhouse Gas Emissions Disclosure
dc.title PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, BIAYA LINGKUNGAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN EMISI GAS RUMAH KACA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI DI INDONESIA)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account