Abstract:
Sektor pertanian merupakan mata pencaharian sebagian besar
masyarakat Indonesia, dan memegang peranan penting dalam
perokonomian nasional. Hal ini dibuktikan dengan munculnya
berbagai macam usaha Dibuktikan dengan munculnya berbagai
macam usaha, mulai dari usaha kecil milik perorangan dan
perusahaan besar yang sudah berkembang, yang lebih dikenal
dengan istilah Usaha Industri Rumah Tangga (IRT). Salah satu
usaha pengolahan yang menggunakan bahan baku Ikan Tenggiri di
Kota Banjarbaru adalah Industri Pengolahan Produk Amplang
“Rini Amplang” yang terletak di Kelurahan Sungai Kecamatan
Banjarbaru Utara, Komplek Permata Rizky, Blok A No 42 Kota
Banjarbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi pemasaran seperti kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman pada pemasaran Usaha Industri Rumah Tangga Rini
Amplang. Penelitian ini berlangsung dari April 2021 hingga
Januari 2022. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan
data sekunder. Proses pengambilan keputusan strategis selalu
berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi, dan
kebijakan perusahaan. Dengan demikian, perencana strategis
(strategic planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis
perusahaan. sehingga perencana strategis dapat dengan mudah
merencanakan strategi pemasaran. Sebelum melakukan analisis,
maka diperlukan tahap pengumpulan data yang terdiri atas tiga
model yaitu Matriks faktor strategi internal, Matriks faktor strategi
eksternal dan Matriks posisi. Hasil identifikasi faktor internal
menghasilkan tujuh faktor kunci kekuatan dan tujuh faktor kunci
kelemahan. Sedangkan hasil identifikasi faktor eksternal, terdapat
lima faktor kunci peluang dan enam faktor kunci ancama