Abstract:
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih kurang tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan program khusus bina diri sehingga pada pelaksanaan program khusus bina diri terjadi penggabungan anak yang berbeda tingkatan kelasnya dan berbeda juga ketunaannnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi implementasi program khusus bina diri bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Kota Banjarbaru meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualiatatif. Sumber penelitian ini adalah guru kelas di SLB Negeri Kota Banjarbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan 1) Evaluasi pada tahap perencanaan program khusus bina diri di SLB Negeri Kota Banjarbaru ditemukan pada perencanaan setiap guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran untuk program khusus bina diri, melakukan identifikasi dan asesmen sesuai kebutuhan anak, 2) Evaluasi pada tahap pelaksanaan program khusus bina diri di SLB Negeri Kota Banjarbaru ditemukan pada saat pelaksanaan tidak sesuai dengan alokasi waktu di rencana pelaksanaan pembelajaran lalu ditemukan juga kurangnya media yang dipergunakan saat pelaksanaan program khusus bina diri, tidak fokusnya anak dalam menjalani program khusus bina diri karena kelas yang terbatas sehingga digabungkan pada satu ruangan, tidak meratanya guru dalam ikut serta Pendidikan program khusus bina diri, 3) Evaluasi program khusus bina diri di SLB Negeri Kota Banjarbaru guru membuat format penilaian setiap anak hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua sebagai hasil perkembangan anak dalam mengikuti program khusus bina diri.
Kata kunci : Evaluasi, Implementasi Program Khusus (Progsus), Bina Diri