Abstract:
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran sapi potong di Pasar Hewan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif melalui wawancara di lapangan menggunakan kuisioner. Penentuan responden dilakukan secara purpose sampling dimana responden terdiri dari peternak, pedagang dan konsumen akhir sapi potong yang ada di Pasar Hewan Pelaihari. Responden dipilih secara accidental sampling yaitu responden yang ada saat didatangi ke pasar dan bersedia untuk di wawancarai serta memiliki data yang di perlukan. Lembaga pemasaran yang terlibat meliputi peternak, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Analisis data meliputi saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di Pasar Hewan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, yaitu : Saluran I terdiri (Peternak - Konsumen), Saluran II (Peternak - Pedagang besar - Konsumen), serta Saluran III (Peternak - Pedagang pengumpul -Pedagang besar - Konsumen). Saluran pemasaran yang sangat efisien merupakan saluran pemasaran I ialah dengan indeks 0,9. Disebabkan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit daripada saluran yang lain, dan lembaga yang terlibat lebih sedikit daripada saluran lainnya. Sebaliknya saluran II dan III tiap - tiap saluran dengan nilai indeks 1,9 serta 2,8 disebabkan lembaga pemasaran yang ikut serta lebih banyak sehingga menghasilkan biaya pemasaran yang besar.