dc.description.abstract |
Abstrak
Pada tahun 2022 Pemerintah menawarkan tiga opsi kurikulum, yaitu Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Seni Budaya jenjang Sekolah Menengah Atas dengan menelaah komponen kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data penelitian yaitu berbagai media cetak dan non cetak terkait topik penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Kesimpulan yang diperoleh: persamaan tujuan pembelajaran yaitu berpusat pada tujuan pendidikan nasional, perbedaannya tujuan pembelajaran pada Kurikulum 2013 terpadu, sedangkan Kurikulum Merdeka terurai. Persamaan metode pembelajaran yaitu memiliki alur yang sama, perbedaannya metode pembelajaran dalam Kurikulum 2013 tertulis pada RPP, sedangkan Kurikulum Merdeka tertulis pada modul ajar. Persamaan materi pembelajaran yaitu terurai menjadi materi seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater, perbedaannya materi pada Kurikulum 2013 bersumber dari KI dan KD, sedangkan Kurikulum Merdeka bersumber dari CP. Persamaan media pembelajaran yaitu dapat menggunakan beragam media, perbedaannya pada Kurikulum 2013 media yang digunakan disesuaikan dengan materi pembelajaran, sedangkan pada Kurikulum Merdeka disesuaikan dengan peserta didik. Persamaan penilaian yaitu menilai hasil belajar serta proses pembelajaran, perbedaannya penilaian dalam Kurikulum 2013 menggunakan KKM sebagai tolak ukur, sedangkan Kurikulum Merdeka dengan tolak ukur KKTP.
Kata Kunci: Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Perbedaan, Persamaan |
|