dc.description.abstract |
Abstrak. Salah satu upaya untuk membantu proses pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi operasi logika aritmatika kelas X SMK dengan metode tutorial; dan (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi operasi logika aritmatika kelas X SMK dengan metode tutorial. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Media pembelajaran interaktif telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum diimplementasikan di SMK ISFI Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada operasi logika aritmatika dengan metode tutorial ini ialah HTML, CSS, Javascript, JSON, dan Firebase; dan (2) media pembelajaran dinyatakan valid dengan kategori sangat tinggi ditinjau dari penilaian validitas materi dan kategori sangat tinggi untuk validitas media, kepraktisan ditinjau dari angket respon peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran dinyatakan sangat praktis, keefektifan ditinjau berdasarkan analisis data hasil belajar siswa yang meningkat dan telah mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi operasi logika aritmatika layak dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media pembelajaran interktif, operasi logika aritmatika, web, metode tutorial, ADDIE |
|