dc.description.abstract |
ABSTRAK
Ketersediaan komputer/laptop dan kebolehan peserta didik menggunakan
smarthphone pada sekolah tingkat menengah atas (SMA) dapat dimanfaatkan
guru untuk membuat pembelajaran menarik, melalui pembuatan perangkat
pembelajaran digital. Menghasilkan perangkat pembelajaran digital berbasis
discovery learning pada materi transformasi geometri yang valid, praktis, dan
efektif menjadi target utama dari penelitian ini. Model four-D adalah model
yang diterapkan untuk penelitian ini, dengan membatasi hanya 3 tahap, yaitu
tahap define, design, dan develop. Pengembangan perangkat pembelajaran
terbagi menjadi beberapa bagian, seperti media pembelajaran, bahan ajar,
lembar kerja peserta didik (LKPD), dan evaluasi. Secara keseluruhan perangkat
pembelajaran dibuat menggunakan geogebra book. Untuk media pembelajaran
digunakan tambahan aplikasi google slide. Subjek uji coba penelitian yaitu
peserta didik dari kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 Sekolah Menengah Atas
Negeri 3 Banjarmasin yang berjumlah 35 orang. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar validasi, lembar angket respons peserta didik, dan hasil
belajar peserta didik. Hasil analisis menunjukkan perangkat pembelajaran
digital berbasis discovery learning pada materi transformasi geometri untuk
peserta didik kelas XI yang dikembangkan ini memenuhi kriteria valid, praktis,
dan efektif. Demikian hasil penelitian pengembangan ini menyatakan produk
layak digunakan untuk kegiatan belajar. |
|