Abstract:
Energi di sistem kehidupan adalah satu bagian materi IPA pelajaran pada kelas VII semester 1 SMP. Secara karakteristik materinya mempunyai banyak sekali praktik, sehingga diperlukan metode demonstrasi. Metode demonstrasi merupakan cara mengajar di mana penjelasan lisan diikuti adanya peraga ataupun menampilkan pada peserta didik mengenai proses, keadaan, serta suatu objek yang dipelajari. Agar siswa tertarik dalam pembelajaran maka dibuatlah inovasi media pembelajaran yaitu media pembelajaran interaktif dengan mempergunakan situs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat serta mendapatkan produk media pembelajaran di web pada materi energi dalam sistem kehidupan di kelas VII mempergunakan cara demonstrasi serta mengetahui kelayakan produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi energi dalam sistem kehidupan di kelas VII dengan metode demonstrasi. Metode di penelitian ini mempergunakan metode Research and Development serta model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba merupakan 33 orang siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi energi dalam sistem kehidupan menggunakan metode demonstrasi ini dibuat menggunakan teknologi HTML, CSS, Javascript, JSON, Mathjax, Canva, Kinemaster Pro, Firebase dan Netlify sebagai penunjang dalam pengembangan media pembelajaran. Uji kelayakan validitas materi memiliki kriteria sangat tinggi, uji validitas media memiliki kriteria sangat tinggi, uji kepraktisan penggunaan memiliki kriteria sangat tinggi dari tanggapan guru dan siswa, dan uji keefektifan memiliki kriteria efektif sangat tinggi berdasarkan ketuntasan klasikal. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis web ini layak digunakan untuk pembelajaran.