Abstract:
Pembelajaran pada era digital 4.0 memerlukan inovasi digital untuk memudahkan siswa memahami konsep pelajaran serta menarik perhatian siswa. Salah satu materi yang memerlukan pemahaman konsep dan prosedur penyelesaian masalah adalah materi fluida statis. Hal ini dikarenakan pada materi tersebut terdapat penjabaran rumus sehingga terkesan sulit dan rumit untuk dipahami. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fluida statis untuk siswa SMA kelas XI dengan model direct instruction, mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fluida statis untuk siswa SMA kelas XI dengan model direct instruction. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian validitas, kuisioner dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dengan instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon guru dan siswa, lembar keterlaksanaan RPP, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: media pembelajaran dinyatakan valid ditinjau dari validitas materi dan media yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, media pembelajaran dinyatakan praktis ditinjau dari respon guru dan siswa serta hasil pengamatan keterlaksanaan RPP yang tergolong sangat baik, dan media pembelajaran dinyatakan efektif ditinjau dari data hasil belajar siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dihasilkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.