dc.description.abstract |
Kurangnya media pembelajaran dan metode pembelajaran yang konvensional
menyebabkan minat belajar peserta didik menjadi rendah. Permasalahan tersebut
memicu peneliti untuk mencari solusi agar terciptanya pembelajaran yang berinovasi.
Mobile learning merupakan salah satu alternatif pengembangan media pembelajaran
yang memiliki karakteristik yang praktis dan dapat dibawa kemanapun serta
penggunaan perangkat mobile berupa smartphone dalam media pembelajaran. Melalui
pengembangan media mobile learning diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan
tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media mobile learning
untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X SMAN 1 Alalak, (2)
Mengetahui minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan mobile
learning pada mata pelajaran sejarah. Penelitian pengembangan media mobile learning
ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan prosedur pengembangan
4D yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination yang telah dimodifikasi
menyesuaikan dengan keperluan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pengembangan
mobile learning ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran
sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media mobile learning
pada mata pelajaran sejarah layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta
didik. Rekomendasi pada penelitian ini adalah agar pendidik dapat memanfaatkan
mobile learning ini guna mengoptimalkan proses pembelajaran, dan untuk peneliti
selanjutnya agar menjadikan penelitian ini sebagai acuan agar media yang
dikembangkan menjadi lebih baik, dengan menambahkan berbagai fitur yang masih
kurang pada penelitian ini. |
|