dc.description.abstract |
Banyak juga peralatan dan sarana pendidikan modern yang mendukung proses pembelajaran, baik di tingkat sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya media pembelajaran interaktif. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis website untuk materi bahasa Inggris kelas VII dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dari metode Research & Development. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validitas materi, validitas media, kuisioner guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Subjek dari uji coba ini ialah 25 orang peserta didik kelas VII di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Media pembelajaran yang dihasilkan telah dikembangkan memakai teknologi HTML, CSS, Javascript, JSON, Firebase, Scratch dan Voicemaker. Hasil penilaian validitas oleh dua ahli materi memperoleh hasil valid dengan kriteria tinggi dan dua ahli media dengan hasil yang valid dengan kriteria tinggi. Umpan balik siswa dan guru menunjukkan tanggapan positif terhadap penggunaan media sehingga media diklaim praktis. Hasil tes belajar peserta didik memenuhi ketuntasan klasikal sehingga media dinyatakan efektif. Dengan demikian media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan layak dipakai pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.
Kata kunci : media pembelajaran interaktif, berbasis web, metode demonstrasi, bahasa inggris, ADDIE |
|