Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DALAM PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INQUIRY LEARNING, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS V/A SDN SUNGAI BILU 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Hamdani
dc.date.accessioned 2023-06-08T15:34:09Z
dc.date.available 2023-06-08T15:34:09Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39122
dc.description.abstract ABSTRAK Hamdani, Muhammad 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Menggunakan Kombinasi Model Inquiry Learning, Mind Mapping Dan Make A Match Siswa Kelas V/A Sdn Sungai Bilu 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan, Inquiry Learning, Mind Mapping dan Make A Match. Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahya hasil belajar siswa yaitu rata-rata siswa mendapatkan nilai dibawah 70 (KKM) dan secara klasikal ? 80% siswa yang mendapatkan nilai ?70. Permasalahan tersebut terjadi pada siswa Kelas V/A yang kebanyakan siswanya belum mampu untuk memahami pelajaran IPS materi “Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan”. Hal ini terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa belum terbiasa berpikir tingkat tinggi dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model Inquiry Learning, Mind Mapping dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi pengumpulan dan penyajian data menggunakan kombinasi model Inquiry Learning, Mind Mapping dan Make A Match. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat pertemuan. Setting penelitian yaitu siswa kelas V/A semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SDN Sungai Bilu 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan. Cara pengumpulan data melalui proses pengamatan selama penelitian berlangsung dan tes hasil belajar serta teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase dan deskripsi. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa format pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran telah berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria hampir seluruhnya sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni ?80% siswa mendapatkan nilai ?70. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Inquiry Learning, Mind Mapping dan Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi penelitian selanjutnya.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DALAM PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INQUIRY LEARNING, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS V/A SDN SUNGAI BILU 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account