Abstract:
Abstrak: Kewajiban untuk melaksanakan segala tugas dengan berani mengambil resiko atas segala sesuatu merupakan bagian dari tanggung jawab mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan siklus IV. Populasi siswa kelas XI sebanyak 241 dengan sampel 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I kegiatan peneliti berada pada kategori “cukup baik”, kemudian meningkat menjadi kategori “sangat baik” pada siklus IV. Pada siklus I aktivitas siswa yang dikategorikan “cukup aktif” terjadi peningkatan pada siklus IV dengan kategori “aktif”. Kemudian peningkatan tanggung jawab dari siklus I termasuk dalam kategori kurang meningkat, selanjutnya terjadi peningkatan pada siklus IV dengan kategori meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan tanggung jawab dalam penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan teknik sosiodrama agar menggunakan naskah drama yang lebih pendek, sederhana dan mengandung humor.