Abstract:
Penelitian ini meneliti tentang motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan faktor yang mempengaruhi motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler studi teater germercik di SMKN 1 Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang di mana pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan reduksi data dan ditarik kesimpulan, tahap yang terakhir pengecekan keabsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi siswa mengikuti kegiatan kstrakurikuler teater Gemercik di SMKN 1 Banjarmasin, yaitu faktor instrinsik atau dorongan yang berasal dari dalam diri siswa dan dorongan kemampuan. Faktor yang kedua adalah aktor ekstrinsik yang di mana mereka termotivasi untuk belajar teater melalui dorongan pelatih serta tujuan yang ingin di capai untuk mengikuti pementasan diluar sekolah. Selain itu terdapat faktor yang mempengaruhi motivasi terhadap proses latihan diantaranya, faktor internal, merupakan dorongan siswa yang memiliki tanggung jawab untuk latihan atas keikut sertaan dalam pementasan tanpa ada paksaan, yang kedua faktor eksternal, yaitu merupakan kendala tempat latihan yang tidak memadai. Hasil pembelajaran yang di dapat siswa melalui kegiatatan tetaer mereka dapat mengembangkan bakat, kampuan, dan ilmu yang sudah mereka pelajari selama proses latihan teater.
Kata kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler, Teater Gemercik