dc.description.abstract |
Seorang pendidik perlu mengetahui alasan peserta didik memilih jawaban agar dapat mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang diujikan. Two tier multiple choice adalah salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut. Selain itu, untuk menunjang proses penilaian dan memudahkan peserta didik dalam memilih jawaban tentu perlu adanya instrumen penilaian yang dapat digunakan secara efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan aplikasi ispring suite 10. Tujuan penelian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian matematika berbasis two tier multiple choice menggunakan Ispring suite 10 di kelas VIII SMP yang valid, reliabel, dan praktis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan model 4D dengan 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, instrumen tes, dan angket. Kevalidan produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan hasil validasi oleh 4 validator ahli. Uji coba pengembangan dilakukan kepada 30 peserta didik kelas VIIID SMPN 24 Banjarmasin. Kepraktisan produk dilihat berdasarkan hasil lembar angket guru. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan 20 soal sebagai instrumen penilaian matematika berbasis two tier multiple choice menggunakan Ispring suite 10 dengan kriteria: (1) valid, dengan nilai rata-rata validitas 0.8512 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi; (2) reliabel, dengan nilai sebesar 0.7691 yang termasuk dalam kategori tinggi; (3) praktis, dengan nilai sebesar 93,3% yang termasuk dalam kategori sangat praktis.
Kata kunci: Instrumen penilaian matematika, two tier multiple choice, Ispring Suite 10 |
|