Abstract:
Rolanda, Ahmad Rizky. 2022. Studi Literatur : Penggunaan Teknologi Asistif Bagi Penyandang Tunanetra Dalam Setting Pendidikan Inklusif. Skripsi. Program S1 Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Tahun Akademik 2021/2022. Pembimbing I: Dr. Imam Yuwono, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Utomo, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Teknologi Asistif, Tunanetra, Pendidikan Inklusif
Teknologi asistif merupakan sebuah solusi untuk mengatasi hambatan tunanetra dalam kelas inklusif yang berusaha untuk mempromosikan, mempertahankan atau membantu siswa dengan kebutuhan khusus untuk memungkinkan mereka mengatasi hambatan baik keterbatasan fisik maupun sosial budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perkembangan penggunaan teknologi asistif bagi penyandang tunanetra dalam setting pendidikan inklusif, 2) Hambatan penggunaan teknologi asistif bagi penyandang tunanetra dalam setting pendidikan inklusif 3) Solusi penggunaan teknologi asistif bagi penyandang tunanetra dalam setting pendidikan inklusif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literatur (Library Research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yaitu jurnal internasional dan jurnal nasional yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir dengan jumlah keseluruhan 20 jurnal sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Perkembangan penggunaan teknologi asistif bagi penyandang tunanetra dalam setting inklusif sudah sangat beragam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, seperti Smartphone Android, Smartwatch, Blindmaps & Electronics Travel Aids (ETA) 2) Hambatan penggunaan teknologi asistif bagi penyandang tunanetra dalam setting pendidikan inklusif diantaranya kurangnya fitur aksesibel dalam aplikasi, kurangnya keterampilan guru, dll. 3) Salah satu solusi dari hambatan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan dalam bentuk workshop untuk pengembangan profesional guru.