Repo Mhs ULM

Strategi Marketing Communication PT. Pegadaian Cabang Kayutangi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah

Show simple item record

dc.contributor.author Nala Gayatul Muna
dc.date.accessioned 2023-09-21T05:18:22Z
dc.date.available 2023-09-21T05:18:22Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39238
dc.description.abstract ABSTRAK Nala Gayatul Muna. 1910414120006. 2023. Strategi Marketing Communication PT. Pegadaian Cabang Kayutangi dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Dibimbing oleh Siswanto Rawali. Pegadaian bagi sebagian masyarakat hanya dikenal sebagai tempat untuk menggadaikan barang, sehingga masyarakat belum mengetahui produk dan layanan Pegadaian yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing communication PT. Pegadaian Cabang Kayutangi dalam memperluas basis nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian ada sepuluh orang yang terdiri atas informan kunci sebanyak empat orang dan informan pendukung sebanyak enam orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran yang digunakan dan dijalankan adalah model strategi komunikasi top-down. Aktivitas perencanaan dan pelaksanaan direncanakan oleh manajemen atas yaitu Pegadaian Pusat Jakarta, Pegadaian wilayah Balikpapan ataupun Pegadaian area Kalsel-Teng. PT. Pegadaian cabang Kayutangi akan melanjutkan segala aktivitas yang ada dan melakukan penyesuaian aktivitas pemasaran dengan situasi cabang. Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran mengikuti aktivitas Promotion mix. Advertising dilakukan dengan menyebarkan flyer, billboard, dan influencer internal Pegadaian. Personal selling dengan metode up-selling dan cross-selling, literasi, grebek pasar dan door-to-door. Public relations menjalankan setiap ruang lingkup eksternal dan internal perusahaan. Sales promotion dengan memberikan cashback dan memberikan souvenir kepada nasabah setia. Direct marketing dijalankan menggunakan platform sosial media dan telemarketing. Melalui strategi promotion mix itulah nasabah PT. Pegadaian Cabang Kayutangi terus mengalami peningkatan. Kata Kunci: Strategi komunikasi pemasaran, Strategi top-down dan Promotion mix
dc.title Strategi Marketing Communication PT. Pegadaian Cabang Kayutangi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account