Repo Mhs ULM

Literature Review: Hubungan Lama Kontak, Riwayat Penyakit Kulit dan Personal Hygiene Terhadap Kejadian Dermatitis Kontak Akibat Kerja (Studi Dermatitis Kontak Akibat Kerja pada Pekerjaan Basah (Wet Work))

Show simple item record

dc.contributor.author Antung Shafa Kamila
dc.date.accessioned 2023-09-21T05:33:51Z
dc.date.available 2023-09-21T05:33:51Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39368
dc.description.abstract Dermatitis kontak adalah penyakit kulit diakibatkan pekerjaan dengan prevalensi tertinggi yaitu sekitar 90%. Utamanya faktor risiko dermatitis kontak akibat kerja (DKAK) adalah pekerjaan basah (wet work) salah satunya disebabkan karena lingkungan kerja yang lembap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel lama kontak, riwayat penyakit kulit dan personal hygiene terhadap kejadian DKAK pada pekerjaan basah (wet work). Metode penelitian yang dipakai yaitu literature review berjenis SLR (Systematic Literature Review) yang bersumber dari database Portal Garuda, Google Scholar, Pro Quest & Research Gate. Didapatkan 11 artikel sesuai dengan kriteria inklusi dan dilakukan penilaian peringkat artikel menggunakan Duffy’s Critical Appraisal Approach. Hasil yang didapatkan yaitu adanya signifikansi hubungan lama kontak dan dermatitis kontak dengan artikel sebesar 75%. Kemudian diasumsikan adanya signifikansi hubungan riwayat penyakit kulit dan dermatitis kontak dengan artikel yang berhubungan sebesar 75%. Serta diasumsikan adanya signifikansi hubungan personal hygiene dan dermatitis kontak dengan artikel yang berhubungan sebesar 90%. Kedepannya peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan variabel lainnya yang menjadi penyebab dermatitis kontak akibat kerja menurut teori Cohen tahun 2019. Sedangkan saran bagi pemilik industri yaitu memberikan waktu jeda atau istirahat bekerja per dua jam bekerja, pekerja yang memiliki riwayat penyakit kulit dapat ditempatkan pada pekerjaan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan basah dan menyediakan fasilitas seperti alat pelindung diri, tempat untuk mencuci tangan, sabun dan lainnya yang dapat meminimalisir pajanan dan bahan kimia yang tersisa pada kulit pekerja.
dc.title Literature Review: Hubungan Lama Kontak, Riwayat Penyakit Kulit dan Personal Hygiene Terhadap Kejadian Dermatitis Kontak Akibat Kerja (Studi Dermatitis Kontak Akibat Kerja pada Pekerjaan Basah (Wet Work))


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account