Repo Mhs ULM

PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) MELALUI WORK ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.author Nely Noer Sofwati
dc.date.accessioned 2023-09-21T05:41:51Z
dc.date.available 2023-09-21T05:41:51Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39432
dc.description.abstract ABSTRAK Nely Noer Sofwati, Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Work Engagement sebagai Variabel Intervening. (Studi pada Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan). Pembimbing: Dr. Meiske Claudia, S.E, M.M. Penelitian ini dilakukan untuk menganilisis Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Work Engagement sebagai Variabel Intervening. Hal yang mendasari penelitian ini adalah, oleh karena banyaknya pegawai yang kurang disiplin dalam melakukan finger print, sehingga para pegawai dituntut untuk lebih memperhatikan daftar hadir guna mencapai suatu tujuan organisasi yang baik, selanjutnya untuk para pegawai generasi baby boomers yaitu kurangnya pemahaman dalam hal teknologi sehingga para pegawai generasi milenial berkesempatan untuk membantu rekan kerja yang kurang mengerti dalam menerapkan aplikasi di Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan. Sampel penelitian berjumlah 42 orang yang merupakan seluruh pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dalam rangka memberi penilaian terhadap iklim organisasi (X), menguji seberapa baik tingkat work engagement pegawai dalam bekerja (Z), dan mengukur seberapa besar OCB pegawai alam organisasi (Y). Adapun metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) versi 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Iklim organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), adapun iklim organisasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work engagement, selanjutnya work engagement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Selanjutnya iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pegawai, baik secara tidak langsung melalui variabel intervening yaitu work engagement. Kata kunci: Iklim Organisasi, Work Engagement dan Organizational Citizenship Behavior (OCB).
dc.title PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) MELALUI WORK ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account