Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi-stategi yang ditempuh kepala sekolah dan pendidik dalam merencanakan, mengelola pembelajaran, dan penilaian yang efektif di masa pandemi dan pasca pandemi covid-19 pada jenjang usia 5-6 tahun di TK Al Azhar 037 Kota Banjarbaru dan TKIT Robbani Kota Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode multi situs. Hasil penelitian menemukan bahwa manajemen pembelajaran di masa pandemi melibatkan berbagai strategi dan kolaborasi yang melibatkan kepala sekolah, pendidik, dan orang tua. strategi pemberdayaan pendidik PAUD dilakukan dengan melibatkan pendidik secara aktif dalam merencanakan, mengelola pembelajaran yang menyenangkan, aman, serta berpihak pada murid, dan melakukan penilaian yang efektif. Strategi pemberdayaan sarana dan prasarana dilakukan dengan perencanaan, pembagian tugas dan menentukan skala prioritas agar pengelolaan media, sarana belajar dan prasarana dapat dimanfaatkan dan didistribusikan secara optimal. Strategi pemberdayaan orang tua dengan pelibatan orang tua dalam kegiatan harian, komunitas dan penanganan deteksi dini tumbuh kembang (DDTK).
Kata Kunci: anak usia dini, manajemen pembelajaran, strategi pemberdayaan pendidik, strategi pemberdayaan sarana dan prasarana, strategi pemberdayaan orang tua.