dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, komunikasi interpersonal, efikasi diri dan disiplin kerja guru SMAN di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 219 guru. Sampel penelitian ini sebanyak 141 orang guru dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang terdiri dari kepemimpinan transformasional (35), komunikasi interpersonal (23), efikasi diri (31) dan disiplin kerja (38) yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan disiplin kerja guru, (2) komunikasi interpersonal dan disiplin kerja guru, (3) efikasi diri dan disiplin kerja guru, (4) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru, (5) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan efikasi diri, dan hubungan tidak langsung (6) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan disiplin kerja guru melalui komunikasi interpersonal, 7) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan disiplin kerja guru melalui efikasi diri |
|