Abstract:
Latar Belakang: Hasil Riskesdas di Indonesia menunjukkan masalah kesehatan gigi dan mulut yang mengalami peningkatan dari 25,9% pada tahun 2013 menjadi 57,6% pada tahun 2018. Salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan kesehatan gigi dan mulut
masyarakat Indonesia yakni dengan program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) yang dilaksanakan di sekolah dasar binaan secara berkesinambungan dengan pentahapan, yakni UKGS Tahap I, II, dan III. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan kesehatan gigi dan mulut serta status karies siswa pada UKGS Tahap II dan III. Metode: Penelitian ini menggunakan
metode analitik observasional dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 dan 5 pada SDN Pasar Kamis 1 (UKGS Tahap II) sebanyak 40 siswa dan SDN Kertak Hanyar 1-1 (UKGS Tahap III) sebanyak 85 siswa dengan total 125 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik simple random sampling. Perhitungan banyaknya sampel menggunakan rumus analitik komparatif kategorik tidak berpasangan. Sampel penelitian terbagi
menjadi dua kelompok yaitu SDN Pasar Kamis 1 sebanyak 31 siswa dan SDN Kertak Hanyar 1-1 sebanyak 31 siswa sehingga besar total sampel adalah 62 siswa. Hasil: Hasil Uji Mann Whitney didapatkan signifikansi pengetahuan 0,732, sikap 0,590, tindakan 0,450, dan status karies 0,630. Kesimpulan: Tidak terdapat
perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan kesehatan gigi dan mulut serta status
karies siswa pada sekolah dengan UKGS Tahap II dan III.