Repo Mhs ULM

PERANAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP OPTIMISME PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TAMIANG LAYANG

Show simple item record

dc.contributor.author Joko Setiawan
dc.date.accessioned 2023-09-21T06:18:55Z
dc.date.available 2023-09-21T06:18:55Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39749
dc.description.abstract Peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Atas yang berusaha mencapai tujuan belajar seringkali mendapatkan permasalahan seperti bosan, malas hingga rendahnya motivasi. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan peningkatan optimisme pada peserta didik agar lebih semangat dalam belajar. Optimisme pada peserta didik dapat terbentuk jika peserta didik memiliki regulasi diri dalam belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan regulasi diri dalam belajar terhadap optimisme pada peserta didik di SMAN 1 Tamiang Layang. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 134 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa skala Self Regulated Learning dan skala adaptasi yang bernama Life Orientation Test-Revised. Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peranan secara signifikan antara regulasi diri dalam belajar terhadap optimisme pada peserta didik di SMAN 1 Tamiang Layang. Sumbangan efektif regulasi diri dalam belajar terhadap optimisme sebesar 7,8%, sedangkan 92,2% merupakan faktor-faktor lain.
dc.title PERANAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP OPTIMISME PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TAMIANG LAYANG


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account