Repo Mhs ULM

Peranan Kecerdasan Adversitas Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Di Kalimantan Selatan Di Masa Transisi Pandemi COVID-19

Show simple item record

dc.contributor.author Restu Shafya Maharani
dc.date.accessioned 2023-09-21T06:22:02Z
dc.date.available 2023-09-21T06:22:02Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39772
dc.description.abstract ABSTRAK PERANAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA DI KALIMANTAN SELATAN DI MASA TRANSISI PANDEMI COVID-19 Pandemi COVID-19 telah dua tahun berlalu, selama masa transisi sistem pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kebijakan pemerintah terbaru guna meminimalisir permasalahan selama pembelajaran daring. Hal tersebut menjadi tantangan bagi siswa di Indonesia mengenai sistem pembelajaran yang berubah-ubah, sehingga siswa dihadapkan untuk dapat cepat beradaptasi dengan situasi yang berlangsung karena masih terdapat daya juang terdahulu yang masih tersisa untuk mengikuti proses pembelajaran dimasa sekarang. Selama pembelajaran sering ditemukan beberapa gangguan, salah satunya yakni perilaku prokrastinasi. Perilaku prokrastinasi timbul dikarenakan beratnya pengerjaan tugas yang semakin menumpuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kecerdasan adversitas terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA di Kalimantan Selatan di masa transisi pandemi COVID-19. Subjek penelitian ini berjumlah 214 partisipan yang merupakan siswa SMA kelas X dan XI di Kalimantan Selatan yang menjalani pembelajaran selama masa transisi. Jenis sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan regresi linear sederhana, dengan metode pengumpulan data dilaksanakan secara online melalui GForm. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Adversity Response Profile dan Academic Procrastination Scale. Berdasarkan pengolahan data menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,021 (p<0,05). Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peranan antara kecerdasan adversitas terhadap tingkat prokrastinasi akademik pada siswa SMA selama masa transisi pandemi di sekolah. Kata Kunci: Kecerdasan adversitas, prokrastinasi akademik, transisi, siswa SMA
dc.title Peranan Kecerdasan Adversitas Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Di Kalimantan Selatan Di Masa Transisi Pandemi COVID-19


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account