Abstract:
Banyaknya sekolah di Indonesia yang terletak di tepi jalan raya yang dapat
mengancam anak-anak maupun pejalan kaki yang menyeberang, karena hal itu maka
Departemen Perhubungan Republik Indonesia memberlakukan program Zona Selamat
Sekolah atau yang dikenal dengan ZoSS untuk seluruh daerah di Indonesia. Dikarenakan
penggunaan ZoSS yang sangat penting maka diperlukan peninjauan tentang bagaimana
tingkat efektifitas dan apakah ZoSS bisa berfungsi untuk mengurangi kecepatan bagi
kendaraan yang melintasi area tersebut.
Sumber data yang diambil untuk penelitan ini dari volume kendaraan dan kecepatan
kendaraan yang melintasi ZoSS, untuk metode yang digunakan yaitu metode
Greenshield, Greenberg, Underwood, dan Bell dimana titik pengambilan data yang
diambil yaitu 50 meter sebelum, sepanjang area ZoSS dan 50 meter setelah Zoss untuk
semua jalur jalan, lalu akhirnya di nilai dengan Indek Tingkat Pelayanan (ITP).
Dari penelitian yang sudah dilakukan sehingga didapatkan efisiensi lalu lintas dari
ZoSS untuk kecepatan mengalami penurunan sebesar 14,97% ketika akan memasuki area
ZoSS, lalu mengalami kenaikan sebesar 23,02% ketika melewati area ZoSS. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa efektifitas lalu lintas karna pengaruh ZoSS telah bekerja secara
efektif.
Kata kunci: ZoSS, Tingkat Efektifitas Lalu Lintas, Greenshield, Greenberg, Underwood,
Bell.