Repo Mhs ULM

Implementasi Inovasi Sistem Informasi Pasar Kerja secara Online (SIPAJA-Online) Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar

Show simple item record

dc.contributor.author Lily Agustriana
dc.date.accessioned 2023-09-21T06:36:12Z
dc.date.available 2023-09-21T06:36:12Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39894
dc.description.abstract ABSTRAK LILY AGUSTRIANA (1720422320005), 2021 “Implementasi Inovasi Sistem Informasi Pasar Kerja Secara Online (Sipaja-Online) Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Banjar”. Dibawah bimbingan Prof Udiansyah dan Muhammad Anshar Nur. Inovasi Pelayanan Sistem Informasi Pasar Kerja (SIPAJA) online adalah Pembuatan Kartu Pencari Kerja (AK1) dan e-register berbasis online, suatu system pelayanan prima Inklusif dengan cara memfasilitasi dan memberikan pelayanan kartu Pencari Kerja (AK1) secara online. pencari Kerja dapat membuat Kartu Pencari Kerja (AK1) dimanapun dia berada, selain itu pelayanan berupa Informasi Pasar Kerja, Penempatan oleh perusahaan (lapor) dan Notifikasi/whatsapp untuk pelaporanan status pencari kerja yang sudah bekerja.Secara garis besar 4 (empat) jenis layanan yang disediakan diantaranya adalah kepada Layanan Kartu Pencari Kerja berbasis online, Layanan Informasi Pasar Kerja yang langsung adminnya oleh perusahaan, Penempatan oleh Perusahaan (lapor) serta Notifikasi/whatsapp untuk pelaporan status pencari kerja sudah bekerja (lapor Penempatan). Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan tipe deskriptif. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah kepala bidang perluasan pengembangan kesempatan kerja, penempatan dan transmigrasi, serta kepala bidang perlindungan tenaga kerja, dan staf tata laksana Sipaja Online pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mempertimbangkan penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat pada Oktober tahun 2021. Fokus penelitian menggunakan teori implementasi kebijakan George C. Edward III. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor implementasi kebijakan publik terdapat 4 faktor yakni faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi (sikap pelaksana), dan faktor struktur birokrasi. Keseluruhan faktor tersebut telah berhasil terlaksana dilapangan seperti faktor disposisi yakni indikator pengangkatan birokrat dan indikator insentif sudah berhasil dilaksanakan. Namun faktor komunikasi masih kurang dilaksana secara maksimal dilapangan karena dalam ketiga indikator yang terdapat dalam faktor komunikasi hanya indikator konsistensi yang berhasil dilaksanakan secara maksimal. Sedangkan 2 indikator lainnya yaitu indikator transmisi dan kejelasan masih belum berhasil dilaksanakan secara maksimal. Karena masing kurangnya sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai Sipaja Online dan Pasar Kerja Kata Kunci: Implementasi Pembangunan, Inovasi Sipaja Online, IKM, Pasar Kerja
dc.title Implementasi Inovasi Sistem Informasi Pasar Kerja secara Online (SIPAJA-Online) Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account