Abstract:
ABSTRAK
Monalisa, 2023. Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 8 Banjarmasin Tahun 2022/2023. Tesis, Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing (I) Prof. Dr. Deasy Arisanty, S. Si., M. Sc, Pembimbing (II) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 8 Banjarmasin dalam pembelajaran geografi dengan menggunakan metode peta konsep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada semester genap bulan Maret sampai April 2023 dalam 3 siklus pertemuan dengan alokasi waktu 2x45 menit. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Pedoman observasi, dokumentasi dan catatan lapangan digunakan setiap pembelajaran berlangsung, angket dan tes digunakan setiap siklus berakhir.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran geografi dengan menggunakan metode peta konsep guna meningkatkan motivasi belajar geografi siswa, dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Mempelajari konsep suatu materi pelajaran, (2) Menentukan ide-ide pokok secara kelompok, (3) Membuat atau menyusun peta konsep menggunakan media lembar kerja siswa (LKS), dan (4) Presentasi kelompok di depan kelas. Berdasarkan hasil analisis angket motivasi belajar geografi siswa, observasi motivasi belajar geografi siswa, rata-rata nilai tes siklus ada peningkatan motivasi belajar geografi siswa setelah dilakukan pembelajaran geografi dengan menggunkan metode peta konsep. Hal ini ditunjukkan dengan: (1) Data hasil observasi motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 3,25% pada siklus I menjadi 3,63% pada siklus II dengan kategori baik, kemudian meningkat 4,00% pada siklus III dengan kategori baik sekali . (2) Data hasil angket motivasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 78,67% menjadi 87,49% menjadi meningkat 93,07% pada siklus III dengan kategori sangat tinggi. (3) Rata-rata hasil tes siklus mengalami peningkatan, rata-rata pada siklus I 77,14% meningkat menjadi 88,57% pada siklus II dan 94,29% pada siklus III. Berdasarkan data hasil observasi motivasi, data hasil angket motivasi dan rata-rata hasil tes siklus dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah belajar menggunakan metode peta konsep. Dan penerapan metode peta konsep dapat menumbuhkan suasana pembelajaran kearah yang lebih menyenangkan dan meningkatkan keseriusan, konsentrasi, keaktifan, dan semangat dalam belajar serta melatih dan mengembangkan kreatifitas dan daya cipta pada siswa.
Kata Kunci : Peta Konsep, Motivasi Belajar, Pembelajaran Geografi