Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui kriteria yang menentukan prioritas anggaran program pada Dinas pendidikan Kota Banjarmasin, (2) mengetahui alternatif pilihan program pada Dinas pendidikan Kota Banjarmasin, (3) mengetahui preferensi prioritas anggaran program pada Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin. Responden penelitian adalah 9 responden yang berpengaruh dalam menentukan prioritas anggaran program Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dengan menggunakan Metode AHP. Hasil penelitian ini menunjukkan kriteria alternatif dari ketersediaan sumber daya manusia, pencapaian sasaran, ketersediaan dana, dan manfaat berpengaruh dalam penentuan prioritas anggaran program pada Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dengan urutan preferensi ketersediaan dana 47%, manfaat 28%, ketersediaan sumber daya manusia 16%, dan pencapaian sasaran 9%. Berdasarkan kriteria alternatif tersebut diperoleh alternatif pilihan dengan urutan preferensi pengelolaan pendidikan 44%, tenaga pendidik dan kependidikan 29%, pengembangan kurikulum 18%, dan pengendalian perizinan pendidikan 9%. Dapat disimpulkan bahwa yang paling diprioritaskan adalah pengelolaan pendidikan sebesar 44%.
Kata Kunci : Prioritas, Anggaran, Program, Pendidikan, AHP.