Repo Mhs ULM

Implmentasi Metode Fuzzy Inference System Takagi-sugeno-Kang sebagai Pendukung Keputusan Perawatan Cartridge Filter pada Sistem Filtrasi Air Gambut.

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Fajar Alwahdy
dc.date.accessioned 2023-09-21T06:43:07Z
dc.date.available 2023-09-21T06:43:07Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39953
dc.description.abstract Air gambut merupakan salah satu air baku yang perlu di proses terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memenuhi ketersediaan air bersih. Filtrasi adalah salah satu prosedur yang dapat digunakan untuk mengubah air yang baku menjadi air bersih, dengan cara menyaring air baku melewati media filtrasi. Seiring lama waktu penggunaannya media filtrasi akan mengalami penurunan kualitas, sehingga perlu dilakukan perawatan. penelitian ini mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan perawatan cartridge filter pada sistem filtrasi air gambut, dengan menggunakan metode Fuzzy Inference System Takagi-Sugeno-Kang yang di implementasikan pada sistem microcontroller dengan menggunakan tiga variabel input yaitu kekeruhan, TDS dan tekanan filtrasi. berdasarkan pengujian yang telah dilakukan perancangan sistem microcontroller telah dapat memberikan keputusan kondisi filter dan aktuator berupa pompa dc dapat bekerja secara otomatis dalam menentukan keadaan filter dengan sesuai berdasarkan perubahan nilai variabel yang ditetapkan. Sensor-sensor yang digunakan diuji untuk mengetahui keakuratan pembacaannya, turbidity sensor dan TDS sensor masing -masing mendapatkan akurasi pembacaan sebesar 88,15?n 97,32%, serta pressure sensor dapat membaca nilai tekanan dari kondosi filter netral hingga kondisi filter buntu dengan sesuai. Pengujian rancangan sistem microcontroller yang dibandingkan dengan perhitungan MATLAB mendapatkan akurasi sebesar 96,47%. Kata kunci: Air Gambut, Filtrasi, Fuzzy Inference System Takagi-Sugeno-Kang, Microcontroller, Pressure Sensor, Sistem Pendukung Keputusan, TDS Sensor, Turbidity Sensor
dc.title Implmentasi Metode Fuzzy Inference System Takagi-sugeno-Kang sebagai Pendukung Keputusan Perawatan Cartridge Filter pada Sistem Filtrasi Air Gambut.


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account