Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya metode Picture Exchange Communication System (PECS) untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak dengan autism spectrum disorder tingkat 2. Hipotesis yang diajukan adalah metode PECS efektif untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak dengan autism spectrum disorder tingkat 2. Anak dengan autism spectrum disorder tingkat 2 adalah anak yang memiliki hambatan komunikasi. Metode PECS
merupakan metode menukarkan kartu bergambar dengan benda yang diinginkan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan asesmen, observasi dan wawancara. Alat tes untuk asesmen yaitu tes CPM dan tes Binet, Children Autism Rating Scale (CARS), dan tes Vineland Social Maturity Scale (VSMS). Instrumen
penelitian adalah lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test dan hasil menunjukkan taraf signifikansinya sebesar 0,02 (lebih kecil dari 0,05), sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode PECS efektif untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak denganautism spectrum disorder tingkat 2.
Kata kunci: Picture Exchange Communication System (PECS), perbendaharaan kata, autism spectrum disorder tingkat 2