Repo Mhs ULM

HUBUNGAN INSTRUKSI DOKTER GIGI, PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PASIEN PASCA EKSTRAKSI GIGI(Tinjauan pada Poli Gigi Bedah MulutRSGM Gusti Hasan Aman)

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Soni Fitrian
dc.date.accessioned 2023-09-21T06:54:35Z
dc.date.available 2023-09-21T06:54:35Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40052
dc.description.abstract Latar berlakang: Kasus kerusakan gigi di Kota Banjarmasin sebesar 37,62?n angka ekstraksi gigi yaitu 9,42%. Kejadian komplikasi pasca ekstraksi dapat terjadi 16,8% fraktur mahkota, 13,6% fraktur akar, 4% dry socket, 1,6% perdarahan, dan rasa sakit sebesar 1,6%. Ekstraksi gigi merupakan tindakan pengambilan gigi dan akar gigi dari soketnya yang melibatkan jaringan keras dan jaringan lunak dalam rongga mulut. Salah satu faktor penting yang memengaruhi proses penyembuhan luka pasca ekstraksi gigi yaitu kepatuhan pasien terhadap instruksi yang diberikan oleh dokter gigi. Tujuan: Penelitian ini menganalisis hubungan instruksi dokter gigi, pengetahuan pasien, dan pengalaman pasien terhadap tingkat kepatuhan pasien pasca ekstraksi gigi. Metode: Penelitian menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 33 orang yang memenuhi kriteria yaitu pasien pasca ekstraksi gigi usia 18-60 tahun maksimal 3 bulan terakhir, pasien yang diekstraksi dengan metode intraalveolar, pasien tanpa kebutuhan khusus, dan pasien tanpa penyakit sistemik. Hasil: Instruksi dokter gigi dan pengetahuan pasien berhubungan dengan tingkat kepatuhan pasien sedangkan pengalaman tidak memiliki hubungan dengan tingkat kepatuhan pasien. Kesimpulan :Komplikasi dan gangguan penyembuhan luka dapat diminimalisir dengan meningkatkan efektifitas instruksi kepada pasien.
dc.title HUBUNGAN INSTRUKSI DOKTER GIGI, PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PASIEN PASCA EKSTRAKSI GIGI(Tinjauan pada Poli Gigi Bedah MulutRSGM Gusti Hasan Aman)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account