Abstract:
Hakasa, Luthfia. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Kerja terhadap Kepuasan Kerja Melalui Efikasi Diri Guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd., Dr. Novitasari, S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan transformasional, budaya kerja, efikasi diri, kepuasan kerja
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kepuasan kerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang merupakan dampak dari kepemimpinan tranformasional kepala sekolah, budaya kerja dan efikasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya kerja, efikasi diri dan kepuasan kerja guru SD Negeri se-Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, (2) Menganalisis pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, budaya kerja terhadap kepuasan kerja guru, efikasi diri terhadap kepuasan kerja guru, kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap efikasi diri, budaya kerja terhadap efikasi diri. 3) Pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru melalui efikasi diri; budaya kerja terhadap kepuasan kerja guru melalui efikasi diri
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri se-Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut sebanyak 285 orang dengan sampel sebanyak 166 orang ditentukan secara Propostional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya kerja, efikasi diri dan kepuasan kerja guru tergolong tinggi. 2) Terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru; budaya kerja terhadap kepuasan kerja guru; efikasi diri terhadap kepuasan kerja guru; kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap efikasi diri; budaya kerja terhadap efikasi diri; 3) Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru melalui efikasi diri; Terdapat pengaruh tidak langsung budaya kerja terhadap kepuasan kerja guru melalui efikasi diri.
Kesimpulan: kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan budaya kerja berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kepuasan kerja guru melalui efikasi diri guru. Bagi para guru, hendaknya lebih meningkatkan efikasi diri pada aspek keyakinan dan ketekunan dalam melaksanakan kewajiban.