Abstract:
Ridwan Noorfajri (2023), Strategi dan Pola Pengembangan Wisata Air Terjun
Bajuin di Kabupaten Tanah Laut Sebagai Tempat Tujuan Wisata Unggulan.
Pembimbing Dr. H. Ahmad Yunani, S.E, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor internal dan eksternal
pengembangan pariwisata Air Terjun Bajuin, (2) Strategi pengembangan Air
Terjun Bajuin di Kabupaten Tanah Laut , (3) Pola pengembangan Air Terjun
Bajuin di Kabupaten Tanah Laut.
Responden dalam penelitian ini ada sebanyak 52 responden wisatawan dan
5 responden yang dianggap ahli atau pakar terhadap strategi pengembangan objek
wisata Air Terjun Bajuin. Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukan 1. Karakteristik wisatawan objek wisata Air
Terjun Bajuin yang memiliki persentase tertinggi adalah responden yang berumur
10-20 tahun, berasal dari wilayah Banjarmasin, mayoritas dari wisatawan adalah
laki-laki, total kunjungan 2-5 kali ke objek wisata Air Terjun Bajuin, tingkat
pendidikan SLTA/sederajat, selain itu pendapatan wisatawan berkisar <Rp
1.000.000, kebanyakan datang bersama rombongan, 2. Strategi pengembangan
yang paling tepat adalah strategi S-O yaitu, (1) Peningkatan dan mempertahankan
kualitas keindahan alam obyek wisata untuk membuat nyaman dan bisa
dipromosikan oleh wisatawan melalui media sosialnya masing-masing. (2)
Peningkatan Suasana Obyek wisata agar memberikan kenyamanan serta
menambah wahana baru di kawasan Obyek wisata. 3. Pola Pengembangan yang
tepat merupakan (1) Peningkatan koordinasi antara masyarakat lokal, pengelola, dan pemerintah daerah, serta memberikan himbauan kepada wisatawan yang
datang untuk memelihara dan mejaga kebersihan obyek wisata agar Air Terjun
Bajuin bisa berkembang menjadi wisata yang maju di Kabupaten Tanah Laut. (2)
Peningkatan sistem informasi yang menggunakan IT, seperti internet untuk para
wisatawan agar bisa menyebarluaskan Obyek Wisata Air Terjun ke khalayak
ramai seperti media sosial pribadi wisatawan. (3) Menambah wisata baru di
sekitar Obyek Wisata Air Terjun Bajuin untuk menarik perhatian para wisatawan
agar berdatangan ke obyek wisata.
Kata Kunci: Strategi, Pola Pengembangan, Objek Wisata Air Terjun Bajuin,
Wisatawan, Metode Analisis SWOT