Repo Mhs ULM

PENGARUH APLIKASI KITOSAN PUPA BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) TERHADAP JUMLAH MAKROFAG PASCA PENCABUTAN GIGI (Penelitian Eksperimental Pada Marmut (Cavia cobaya))

Show simple item record

dc.contributor.author Zakiah Husada Noor
dc.date.accessioned 2023-09-21T07:09:57Z
dc.date.available 2023-09-21T07:09:57Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40184
dc.description.abstract Latar Belakang: Kitosan pupa black soldier fly (Hermetia illucens) dapat meningkatkan dan menurunkan jumlah makrofag mekanismenya adalah aplikasi kitosan pada luka akan menyebabkan kitosan secara aktif dipolimerisasi untuk mensekresi N-asetil glukosamin oleh enzim lisosom, berikatan dengan mannose receptor, kitosan diinternalisasi oleh makrofag memicu migrasi dan proliferasi sel makrofag. Tujuan: Menganalisi pengaruh kitosan pupa black soldier fly (Hermetia illucens) terhadap jumlah makrofag pada soket pasca pencabutan gigi marmut (Cavia cobaya). Metode: Penelitian ini merupakan eksperimental murni (true experimental) dengan posttest-only control design menggunakan 18 ekor marmut dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kitosan pupa black soldier fly (Hermetia illucens) (yang diaplikasikan pada soket gigi marmut) dan kelompok kontrol negatif masing-masing pada hari ke-2, ke-3 dan ke-5. Perhitungan jumlah makrofag dilakukan dihari ke-2, ke-3 dan ke-5, kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Kruskal Walliss dengan kemaknaan (p<0,05) Hasil: Terdapat pengaruh pengaplikasian kitosan pupa black soldier fly (Hermetia illucens terhadap jumlah makrofag. Kesimpulan: Kitosan pupa black soldier fly (hermetia illucens) berpengaruh meningkatkan jumlah makrofag di hari ke-2 dan ke-3, serta menurunkan jumlah makrofag di hari ke-5.
dc.title PENGARUH APLIKASI KITOSAN PUPA BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) TERHADAP JUMLAH MAKROFAG PASCA PENCABUTAN GIGI (Penelitian Eksperimental Pada Marmut (Cavia cobaya))


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account