Abstract:
Meylina Syahda, (2023). Pengaruh Leverage, Beban Pajak, Tunneling Incentive
Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Sektor Konsumen primer yang
Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2021. Pembimbing: Dra. Rusma
Nailiah, M. Si, Ak, CA, CPA
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis (1) pengaruh leverage
terhadap keputusan transfer pricing, (2) pengaruh beban pajak terhadap keputusan
transfer pricing, (3) pengaruh tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing
pada perusahaan sektor konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
periode 2019-2021.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor konsumen
primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021. Sampel
penelitian terdiri dari 23 perusahaan manufaktur sektor konsumen primer. Metode
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling
dengan kriteria tertentu yang menghasilkan 69 sampel. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan program Statistical Product and
Service Solution (SPSS) versi 26.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) leverage tidak berpengaruh
terhadap keputusan transfer pricing, (2) beban pajak tidak berpengaruh terhadap
keputusan transfer pricing, (3) tunneling incentive berpengaruh terhadap keputusan
transfer pricing.
Kata Kunci: Leverage, Beban Pajak, Tunneling Incentive, Transfer Pricing