Repo Mhs ULM

PENGARUH KARAKTERISTIK EKSEKUTIF, PROFITABILITAS, DEBT TO ASSET RATIO DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA WAJIB PAJAK SEKTOR PERTAMBANGAN BATUBARA DI WILAYAH KERJA KANTOR WILAYAH DJP KALIMANTAN SELATAN DAN TENGAH)

Show simple item record

dc.contributor.author Syarif Fahmi
dc.date.accessioned 2023-09-21T07:22:36Z
dc.date.available 2023-09-21T07:22:36Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40292
dc.description.abstract Provinsi Kalimantan merupakan daerah yang kaya akan kandungan batubara. Alasan itulah yang membuat banyak perusahaan batubara di Kalimantan. Namun, jumlah perusahaan tersebut tidak sebanding dengan penerimaan pajak yang diterima Kanwil DJP Kalsel dan Tengah pada sektor pertambangan batubara. Perusahaan tambang batubara yang terdaftar sebanyak 545 WP pada tahun 2020 dan hanya sebanyak 274 WP sektor pertambangan batubara yang melakukan pelaporan SPT Tahunan Badan NIHIL untuk tahun pajak 2020. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh terkait Agresivitas Pajak pada Wajib Pajak Sektor Pertambangan Batubara di Wilayah Kerja Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dimana data tersebut diperoleh dari Kanwil DJP di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Sampel penelitian ini berjumlah 71 Wajib Pajak pada Bidang Pertambangan Batubara Wilayah Kerja Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah terpilih dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan. Hasil uji pada riset menunjukkan jika karakteristik eksekutif beserta profitabilitas mempunyai pengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Sebaliknya, DAR dan intensitas modal justru secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap agresivitas pajak pada wajib pajak sektor pertambangan batubara di wilayah kerja kantor wilayah DJP Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Kata Kunci : Karakteristik Eksekutif, Profitabilitas, Debt To Asset Ratio, Capital Intensity, Agresivitas Pajak
dc.title PENGARUH KARAKTERISTIK EKSEKUTIF, PROFITABILITAS, DEBT TO ASSET RATIO DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA WAJIB PAJAK SEKTOR PERTAMBANGAN BATUBARA DI WILAYAH KERJA KANTOR WILAYAH DJP KALIMANTAN SELATAN DAN TENGAH)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account