Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL PRISMA SISWA KELAS IV SDN BENTOK KAMPUNG TANAH LAUT

Show simple item record

dc.contributor.author Melly Wati
dc.date.accessioned 2023-09-21T07:23:11Z
dc.date.available 2023-09-21T07:23:11Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40300
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SDN Bentok Kampung. Penyebab dari rendahnya aktivitas siswa di kelas karena pembelajaran yang dilaksanakan hanya satu arah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak terbiasa mengerjakan soal yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran kurang menarik, tidak menggunakan model pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Bentok Kampung, yang berjumlah 19 orang siswa, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Sedangkan data kuantitatif melalui persentase klasikal aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes kelompok dan individu. Analisis data yang disajikan yaitu berupa deskripsi, tabel, dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 29 meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 43. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 53% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Keterampilan berpikir kritis siswa pertemuan 1 mencapai 53% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar pada aspek kognitif pada pertemuan 1 mencapai 47% meningkat pada pertemuan 4 mencapai 100%, pada aspek psikomotorik pada pertemuan 1 mencapai 53% meningkat pada pertemuan 4 mencapai 100%, pada aspek afektif pada pertemuan 1 mencapai 47% meningkat pada pertemuan 4 mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PRISMA dapat terlaksana dan siswa dapat mengikuti sesuai dengan proses pembelajaran sehingga meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah agar meningkatkan mutu pendidikan, dan kualitas pembelajaran di sekolah dan dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL PRISMA SISWA KELAS IV SDN BENTOK KAMPUNG TANAH LAUT


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account