Repo Mhs ULM

Pemodelan Jumlah Penduduk Miskin Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan dengan Pendekatan Geographically Weighted Poisson Regression (GWPR)

Show simple item record

dc.contributor.author Sekar Wahyuningtias
dc.date.accessioned 2023-09-21T07:59:29Z
dc.date.available 2023-09-21T07:59:29Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40609
dc.description.abstract PEMODELAN JUMLAH PENDUDUK MISKIN KABUPATEN/KOTA DI PULAU KALIMANTAN DENGAN PENDEKATAN GEOGRAPHICALLY WEIGHTED POISSON REGRESSION (GWPR) (Oleh: Sekar Wahyuningtias; Pembimbing: Yuana Sukmawaty, S.Si., M.Si. dan Diyang Gita Cendekia, S.ST, M.E.K.K; 112 halaman) Masalah kemiskinan di Indonesia merupakan salah satu masalah sosial yang penting dan menjadi fokus pemerintah. Persentase penduduk miskin di Pulau Kalimantan berada di bawah persentase penduduk miskin Indonesia. Namun demikian, masih ada 4 kabupaten/kota di Pulau Kalimantan yang memiliki persentase penduduk miskin di atas persentase penduduk miskin Indonesia, sehingga masalah kemiskinana di Pulau Kalimantan belum terselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang diasumsikan mempengaruhi jumlah penduduk miskin setiap kabupaten/kota di Pulau Kalimantan tahun 2021, mengestimasi parameter model GWPR, dan menguji signifikansi parameter model GWPR untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk miskin kabupaten/kota di Pulau Kalimantan tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis GWPR. Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur merupakan provinsi dengan mayoritas kabupaten/kota yang memiliki jumlah penduduk miskin tinggi. Namun PDRB perkapita, umur harapan hidup, dan rata-rata lama sekolah pada Provinsi Kalimantan timur merupakan provinsi dengan mayoritas kabupaten/kota berada pada kondisi baik. Berbeda dengan Provinsi Kalimantan Barat merupakan provinsi dengan mayoritas kabupaten/kota berada pada kategori tinggi. Estimasi parameter pada Model GWPR tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan model global, sehingga hasil estimasi parameter setiap lokasi pada model GWPR bersifat identik. Kelompok model GWPR yang terbentuk dalam penelitian ini sebanyak 2 kelompok pada model GWPR 1, 1 kelompok pada model GWPR 2 dan 3, serta 3 kelompok pada model GWPR. Kata kunci: Tingkat Pengangguran Terbuka, PDRB Per Kapita, Umur Harapan Hidup, Rata-Rata Lama Sekolah, Laju Pertumbuhan Penduduk
dc.title Pemodelan Jumlah Penduduk Miskin Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan dengan Pendekatan Geographically Weighted Poisson Regression (GWPR)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account