Repo Mhs ULM

PENILAIAN RISIKO KESEHATAN KERJA DI PERUSAHAAN TAMBANG BATUBARA PT TAJ (Studi Mix Method pada Kejadian Hipertensi di Area Workshop, Produksi, Crusher-Stockpile, dan Office)

Show simple item record

dc.contributor.author Rani Merlinda Saragih
dc.date.accessioned 2023-09-21T08:01:35Z
dc.date.available 2023-09-21T08:01:35Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40625
dc.description.abstract Pertambangan batubara merupakan industri dengan potensi risiko tinggi akibat bahaya kompleks dari komponen lingkungan kerja sehingga menimbulkan masalah kesehatan kerja. Perusahaan perlu melakukan penilaian risiko kesehatan kerja (HRA) sebagai metode penilaian risiko kesehatan. Data medical check up PT. TAJ, ditemukan penyakit, seperti kolesterol, gangguan penglihatan, fungsi ginjal, gula darah, obesitas, hipertensi dan Musculoskeletal Disorders (MSDs). Namun perusahaan belum melaksanakan penilaian risiko kesehatan sehingga bahaya dan risiko yang menyebabkan penyakit belum teridentifikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian risiko kesehatan kerja dan menjelaskan hubungan antara faktor hazard dengan keluhan kesehatan pada pekerja. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan pendekatan semi kuantitatif dan analisis deskriptif dan uji Fisher’s Exact Test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan hazard dengan risiko bermakna yaitu hazard ergonomi dan psikososial. Hazard risiko sedang yaitu hazard fisik kebisingan, iklim kerja panas, dan getaran, sedangkan hazard risiko rendah yaitu hazard kimia yaitu debu lingkungan kerja dan hazard biologi yaitu mikrobiologi air bersih dan air minum. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan antara kebisingan (p-value=0,179), iklim kerja panas (p-value=0,311) dan stress kerja (p-value=0,475) dengan kejadian hipertensi. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan perusahaan dapat melakukan pengendalian risiko berupa melakukan penilaian risiko kesehatan secara berkala. Kata Kunci: Health Risk Assessment, Kesehatan kerja, Tambang batubara
dc.title PENILAIAN RISIKO KESEHATAN KERJA DI PERUSAHAAN TAMBANG BATUBARA PT TAJ (Studi Mix Method pada Kejadian Hipertensi di Area Workshop, Produksi, Crusher-Stockpile, dan Office)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account